PENGANTAR TI


.


RANGKUMAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
1. Data dan Informasi
Representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya. Sedangkan informasi adalah data yang telah di manipulasi dan saling berhubungan. Data yang diproses akan menjadi informasi.
Untuk menjadi suatu informasi, data perlu mengalami pemrosesan. Informasi mempunyai sifat-sifat yaitu :
1. Perfect (sempurna, pasti) 2. Imperfect (tidak sempurna, mengandung unsure ketidakpastian).  Informasi bisa didapat dari berbagai sumber. Sumber informasi diantarany adalah : 1. Penguatan lapangan (observasi) 2. Kuisioner 3. Kejadian/event (pencatatan / perekaman) 4. Pemodelan (simulasi, forecasting) 4. Media massa 5. Alat telekomuniasi 6. Alat elektronis, dll. Informasi yang baik adalah informsi yang tepat waktu, akurat, mudah diakses dan yang lebih penting berdasarkan fakta.
2. Abad Informasi
Evolusi Abad Informasi
1. Abad Pertanian (Tahun < 1800)
§  Bertani, menggunakan tenaga manusia dan tangan
2. Abad Industri (1800 – 1957)
§  Bekerja di pabrik, menggunakan tenaga manusia dan mesin
3. Abad Informasi (1957 – sekarang)
§  Pekerja terdidik, menggunakan tenaga dan teknologi informasi
Masyarakat informasi adalah suatu masyarakat di mana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industry.
3. Teknologi
            Teknologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis. Teknologi merupakan aplikasi praktis dari sains dalam industry atau bisnis. Pengertian teknologi informasi di dalam Kamus Oxford (1995) TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar. Sedangkan menurut Turban (Efraim Turban, 2008) The physical facilities, IT components, IT services and IT management that support an entire organization.
            Contoh dari teknologi informasi adalah Spreadsheet, mikrokomputer, CD-ROM, computer mainframe, note book, papan digital. Tujuan dari IT adalah memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi. Sedangkan fungsi dari IT adalah menangkap (Capture), mengolah (Processing), menghasilkan (Generating), menyimpan (Storage), mengambil kembali (Retrieval), melakukan transmisi (Transmission).
            Teknologi informasi pada saat ini sangat dibutuhkan banyak orang karena kompleksitas tugas menejemen yang bisa di persingkat. Selain itu pengaruh globalisasi juga menpengaruhi perkembangan informasi. Perlunya response time yang cepat, tekanan persaingan bisnis, dan untuk peningkatan layanan juga membutuhkan teknologi informasi.
4. Komponen IT
Komponen IT terdiri dari
1. Hardware
        Istilah umum yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi
2. Software
Perangkat lunak (software) adalah sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” dimana didalamnya termasuk program, dokumen, data.
3. Brainware
Istilah yang digunakan untuk manusia  yang berhubungan dengan sistem  komputer.
4. Firmware
Perangkat lunak yang “ditanamkan” ke perangkat keras secara semi-permanen.
5. Infoware
User manual, SOP, cyber law
5. Penerapan IT
Banyak sekali bidang fungsional yang membutukan teknologi informasi dalam penerapannya.  Seperti pada bidang industry, perbankan, pendidikan, kesehatan, hiburan, pemerintahan dan lain-lain.












Posting Komentar